DONI TATA BERSAING DENGAN RIDER THAILAND

doni-tata-pradita-moto2-gresini-federal-oil

Musuh utama dan pertama adalah rekan satu tim. Itu prinsip dalam balapan apa pun, kecuali balap karung. Boleh saja statusnya pembalap kedua macam Marc Marquez di Repsol Honda. Jika bisa mengimbangi Dani Pedrosa, apalagi mengalahkannya dalam beberapa seri maka itulah yang namanya prestasi internal. Itu kredit poin awal dalam tim, mulai sejak tes maupun raceday-nya.

Itu pula yang akan diarungi pembalap Indonesia Doni Tata Pradita yang bakal memasuki musim pertamanya di Moto2. Sebelum dibandingkan dengan pembalap tim lain, perbandingan awal untuk Doni adalah sejauh mana ia bisa mengimbangi  Ratthapark Wilairot (Thailand). Tak cuma karena sama-sama asal Asean, tapi lebih karena keduanya disokong tim Gresini Moto2 dengan dukungan teknis setara.

Seperti musim 2012, Gresini Team Moto2 akan tampil dengan dua tim dan livery berbeda. Doni jadi pembalap tunggal tim Federal Oil Gresini Moto2. Ia menggantikan posisi Gino Rea (Inggris), sementara Wilairot tampil dengan tim Honda Gresini Moto2.  Kedua tim mengusung sasis sama, Suter. “Saat latihan di Almaera (Spanyol) saya dan Wilairot sebenarnya seimbang. Hari terakhir penentuan, saya hanya latihan singkat, karena mata kena pasir,” jelas Doni yang bukan ke portal lain, tapi ke maniakmotor.com pas dia latihan di Almeria Track, Spanyol.

Wilairot dan Doni hanya dibedakan sponsor di Gresini. Doni diusung Federal Oil, pabrik oli Indonesia yang selama ini memang jadi sponsor tim Gresini. Wilairot dibayari distributor Honda Thailand. Meski beda tim, dukungan teknis buat Doni dan Wilairot diperlakukan sama oleh Fausto Gresini sang pemilik tim yang sudah sohor sebagai penghasil rider muda berbakat.

“Kami punya tim teknis profesional dan sudah terbukti bertahun-tahun. Kami punya komitmen tersendiri di ajang Moto2 karena ini katagori penting di balap motor dunia. Balapan ini sangat kompetitif dan tak mudah bersaing di dalamnya. Tapi, kami tak henti berinovasi, agar pembalap kami mampu bersaing di depan,” ujar Gresini yang juga mantan pebalap motor legendaris Spanyol lewat website timnya.

Komitmen itulah yang menyemangati Rudy H.Husada meneruskan kerjasma dengan Gresini sembari mengirim Doni ke Moto2. Petinggi Federal Oil Indonesia itu yakin kinerja Doni dan tim akan berdampak positif buat Indonesia.  “Saya yakin itu. Ini sekaligus kesempatan buat Doni memperlihatkan kemampuannya,” kata Rudy sebagaimana dikutip portal crash.net.

Nah, itu saja sudah poin plus karena dikupas oleh salah satu portal terpandang di blantika motorsport. Doni yang sebelumnya berpengalaman di kancah GP 250 cc musim 2008 pun tak kalah antusias. “Tes awal di Valencia dan Almeria berjalan positif. Saya dapat dukungan penuh dari seluruh kru dan bisa kerja bareng dengan baik. Dengan dukungan professional mereka saya akan bisa meningkatkan kemampuan dan memberikan hasil yang baik,” papar Doni.

Nah kalau ini dia bicara di portal crash.net. Bagaimana dengan potensi bersaingnya dengan Wilairot? Ah, itu sih biar waktu saja nanti yang membuktikan. Yang jelas, Wilairot sudah memasuki tahun ke-7-nya di arena ini. Musim 2012, pemuda 24 tahun itu mengakhiri kompetisi di urutan 27 dengan raihan poin 9.  Ada peningkatan karena musim sebelumnya ia duduk di peringkat 30 dengan 4 poin

Advertisements
By raditya9911

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s